Otak-otak Goreng Sambal Kacang, Gampang Beud Bikinnya!

April 3, 2021Anisa
otak-otak-goreng

Prep time: 30 Menit

Cook time: 60 Menit

Serves: 4 - 6 porsi

Yuk mak bikin camilan gampil nan endul surendul, Otak-otak Goreng Sambal Kacang a la @ andinskitchen di akun Instagram nya. Ngga pake dibentuk-bentuk, cukup bungkus pake alumunium foil. Tapi kalo ngga ada, pake aja plastik es mambo yang tahan panas.

Di resep ini kita pake daging ayam, tapi boleh kok diganti dengan ikan ato udang. Adonannya ntar bisa dikukus ato dibakar. Pokoknya gampang deh mak, atur-atur aja bos!hehehe 😁.

Otak-otak Goreng Sambal Kacang by @ andinskitchen


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Otak-otak Goreng Sambal Kacang

  • Persiapan: 30 Menit
  • Waktu Memasak: 60 Menit
  • Porsi: 4 - 6 porsi

Kalo biasanya otak-otak dibuat dengan cara dibakar dan berbahan ikan tenggiri, kali ini kita bikin yang lebih gampang tapi ngga kalah endul yuk! Cusss simak artikel ini!

Bahan-Bahan

Bahan Otak-otak :

  • 300 gram daging ayam tanpa tulang tanpa kulit
  • 15 sdm tepung tapioka atau sagu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 2,5 sdt gula pasir
  • 150 ml air es
  • 3 butir putih telur *putihnya saja
  • 2 sdt minyak wijen
  • 5 siung besar bawang putih
  • 1 batang daun bawang *iris

Bahan Saos Kacang :

  • 3 sdm selai kacang *aku pakai skippy
  • 3 sdm saos sambal *aku pakai abc
  • 2 sdm kecap manis *aku pakai bango
  • 100 ml air matang suhu ruang
  • Secukupnya gula pasir *atur selera

Cara Membuat :

Otak-otak :

  • Pada food processor, masukkan semua bahan kecuali daun bawang. Proses sampai halus sempurna seperti pasta. Tempatkan pada wadah lalu aduk dengan irisan dun bawang.

  • Sediakan aluminium foil, oles bagain dalam aluminium foil dengan minyak lalu masukkan adonan otak-otak, gulung dan bungkus seperti lontong atau guling. Kukus selama 30 menit. Dinginkan suhu ruang. Jika gak punya aluminium foil, bisa pakai plastik es lilin yang tahan panas. Masukkan adonan ke dalam plastik lalu ikat kencang. Rebus sampai mengapung dan matang. Dinginkan suhu ruang.

  • Keluarkan otak-otak dari bungkusan lalu goreng sesuai selera kematangan anda. Potong-potong kemudian sajikan dengan saos kacang.

Saos Kacang :

  • Blender jadi satu semua bahan saos lalu koreksi rasanya. Sajikan.

    otak-otak-goreng

Tips :

Pilih daging ayam bagian dada untuk mendapatkan daging yang lembut dan minim lemak.

Referensi: https://www.instagram.com/p/B-dhuvUphI4/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe