Naaah.. Ini Dia Rahasia Kelezatan Sambal Bumbu Kacang Siomay

December 26, 2020Nabila
sambal-bumbu-kacang-siomay

Prep time: 15 Menit

Cook time: 90 Menit

Serves: 5 – 6

Makan siomay ato batagor itu ngga cukup isiannya aja yang harus enak, tapi sambal bumbu kacangnya juga wajib sedep.. itu kalo saya ya Bun.. hehe 😁. Suka nyesek deh kalo beli siomay, isiannya udah enak tapi sambal bumbu kacangnya kurang nampol gurihnya.

Karena itulah saya putuskan (halah.. 😄) bikin sendiri Sambal Bumbu Kacang Siomay yang mantap hari ini.. dan senengnya hasilnya dipuji mamah mertua 😘.

Sambal Bumbu Siomay by @ Wildan Moulddiana AR.

 


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Sambal Bumbu Kacang Siomay

  • Persiapan: 15 Menit
  • Waktu Memasak: 90 Menit
  • Porsi: 5 – 6

Siapa yang suka makan siomay, cung!! ☝️. Ingin tahu rahasia bumbu kacang a la abang-abang penjualnya? Ada jawabannya di artikel ini, yuk intip!

Bahan-Bahan :

  • 150 gr Kacang tanah
  • 5 buah Cabai merah besar
  • 15 buah Cabai rawit/sesuai selera
  • 3 siung Bawang putih
  • 4 lembar Daun jeruk
  • 2 sdm Gula jawa, sisir
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :

  • Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan.

  • Goreng kacang hingga matang. Sisihkan. Kemudian Goreng bumbu hingga matang. Sisihkan sampai agak sedikit hangat.

  • Blender semua jadi satu, masak dengan api kecil. Sambil sesekali diaduk. Tambahkan gula jawa, garam, gula pasir. Aduk rata.

  • Masak sampai berubah warna dan keluar minyak. Baru ditambah air panas kekentalan sesuai yang diinginkan. Dan minyak naik.

Tips :

  • Masak sambal bumbu kacang ini hingga betul-betul tanak (warna menjadi lebih gelap namun tidak gosong), minyak dari kacang keluar dan minyak naik.
  • Gunakan api kecil supaya sambal tidak cepat gosong, dan jangan lupa untuk sesekali mengaduk supaya tidak berkerak di bagian dasar pan.

Referensi: https://cookpad.com/id/resep/11257146-sambelbumbu-kacang-batagor-siomay-anti-gagal-ala-abang2

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe