Resep Cipuk (Aci Kerupuk), Empuk Kenyalnya Cemilan Khas Jawa Barat

September 5, 2021Arini
aci-kerupuk-cipuk

Prep time: 15 Menit

Cook time: 45 Menit

Serves: -

Cireng, Cilok, Cimol, Cilung udah biasa ya maak! Ini nih yang belum banyak dikenal orang.. Cipuk. Nha lho apalagi Cipuk.. 😂😂. Yup, Cipuk itu singkatan dari Aci dan Kerupuk. Cemilan ini rasanya ternyata bikin nagih juga lho mak, empuk tapi kenyal.. 😘👌.

Kalau Bunda suka sensasi renyah dibagian luar, tinggal lamain gorengnya. Ntar jadi enak banget deh.. Kress di luar, lembut mulut kaya mozarella di bagian dalamnya.. 😂. Yuk coba hadirkan nagihnya Cipuk ini di rumah!

Cipuk – Aci Kerupuk by @ wawawiati


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Cipuk (Aci Kerupuk)

  • Persiapan: 15 Menit
  • Waktu Memasak: 45 Menit
  • Porsi: -

Kreasi tepung aci khas Sunda memang tak pernah salah di lidah, hampir sebagian besar punya rasa enak dan disukai banyak orang, satu lagi nih, Cipuk. Gimana cara membuatnya, yuk simak!

Bahan-Bahan :

  • 500 gr kerupuk bawang warna warni
  • 200 gr tepung kanji/ tapioka / aci
  • + 50 gr terigu (boleh full kanji untuk hasil lebih kenyal)
  • 1/2 sdt bubuk kaldu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 2 siung bawang putih dihaluskan

Cara Membuat :

  • Rendam kerupuk sampai layu lalu rebus sampai lembut. Sementara itu campur  tepung kanji, terigu  dengan garam, merica, kaldu bubuk dan bawang putih. Aduk rata.

  • Setelah kerupuk lembek angkat dengan saringan dan langsung tuang panas-panas ke dalam wadah yang berisi tepung, jadi  begitu kerupuk diangkat goyang-goyangkan saringan sebentar dan langsung tuang ke dalam tepung.  Aduk rata.

  • Gunakan cukil kayu  karena adonan sangat panas sampai semua bahan tercampur rata. Tak perlu diuleni sampai kalis ya cukup adonan tercampur rata saja. Tak masalah kalo adonan  bergerindil/ bergumpal-gumpal.

  • Siapkan wadah tahan panas (saya loyang persegi ukuran 20×20 cm atau 18x 18 cm untuk hasil yang lebih tebal) olesi dengan minyak.

  • Tuang bahan cipuk ke dalam loyang lalu ratakan sambil agak ditekan tekan dengan tangan supaya padat dan rapi.

  • Kukus selama kurang lebih 20 menit. Biarkan sampai dingin, keluarkan dari loyang lalu potong sesuai selera.

  • Goreng dalam minyak panas, lama menggoreng sesuaikan dengan selera. Kalau suka cipuk yang empuk goreng sebentar saja. Kalau mau cipuk yang luarnya garing goreng lebih lama.

    aci-kerupuk-cipuk

    aci-kerupuk-cipuk

Tips :

Cipuk ini pun lezat jika disantap bersama kuah cuko.

Source: https://www.instagram.com/p/CSB88JspY9i/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe