Bola-bola Manisan Pepaya, Asam Manisnya Bikin Nagih.. 🤤

April 3, 2021Syafiqha
bola-bola-manisan-pepaya

Prep time: 30 Menit

Cook time: 30 Menit

Serves:

Satu lagi nih cemilan manis lawas yang selalu berkesan sejak jaman bocil, Bola-bola Manisan Pepaya. Dulu paling sering makan biasanya pas lebaran di rumah nenek.. suka tuh dulu sampe rebutan sama sodara sepupu 😅.

Hari ini coba bikin sendiri, mumpung di rumah ada 2 buah pepaya muda dikasih sama tetangga. Pake resep dari @wawawiati, bikinnya gampang, rasanya manis-manis, kecyuutt, syegeeerr.. 🤤

Bola-bola Manisan Pepaya by @ wawawiati


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Bola-bola Manisan Pepaya

  • Persiapan: 30 Menit
  • Waktu Memasak: 30 Menit

Banyak jenis buah bisa disulap jadi manisan, termasuk buah pepaya. Hmm.. buat yang belum pernah nyobain rasanya, bisa kok bikin sendiri di rumah. Sstt.. ada resepnya disini lho!

Bahan-Bahan :

  • 2 buah pepaya muda (sekitar 1,5 kg, ditimbang setelah dikupas)
  • 1/2 kg gula pasir (boleh dilebihin kalo suka manis banget)
  • 3 - 4 sdm air perasan jeruk nipis atau sesuai selera (boleh diganti citric acid/ sitrun)
  • Secukupnya gula pasir untuk baluran (usahakan yg warnanya putih dan butirannya halus)
  • Secukupnya pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat :

  • Parut halus pepaya lalu peras sampai airnya habis dengan kain tipis.

  • Masak pepaya parut bersama gula dan air perasan jeruk nipis/ sitrun sampai kesat dan airnya habis.

  • Bagi-bagi adonan dan beri pewarna sesuai selera. Biarkan sampai agak dingin.

  • Bentuk bulat bulat sebesar kelereng, masukan ke dalam wadah berisi gula pasir, goyang-goyangkan wadah yg berisi gula pasir sampai manisan pepaya terbalur rata dengan gula pasir. Lakukan sampai adonan habis. Susun dalam tampah dialas kertas roti. Jemur supaya kering (kurang lebih 3 jam).

  • Masukkan ke dalam toples.

Tips :

Jemur hingga benar-benar kering, selama 1 hari. Semakin sedikit kandungan kadar air, maka bola manisan kering pepaya akan semakin awet disimpan dalam toples.

Referensi: https://www.instagram.com/p/CAHtHCQjTJj/?igshid=lladluvhf9pm

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe