Begini Lho Cara Bikin Kremesan Tapioka Renyah Bersarang, Anti-Gagal!

March 4, 2021Clarissa
kremesan-tapioka-renyah-bersarang

Prep time: 15 Menit

Cook time: 45 Menit

Serves:

Ayam Goreng Kremes tentu bukan lagi menu yang asing. Kita bisa dengan mudah menemukan sajian menu ini di rumah makan atau restoran ayam goreng yang pastinya sungguh lezat. Tapi eh tapi.. suka kesel ngga sih kalo beli, kasihnya kremes dikit seuprit cuma yang nempel di ayamnya doang? 😓

Naaah.. solusinya ya bikin sendiri kalo mau puas makan kremesan. Coba deh pake resep Kremesan Tapioka a la @ tintinrayner ini. Dijamin anti gagal dan bersarang, coba yuk!

Kremesan Tapioka by @ tintinrayner


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Kremesan Tapioka Renyah Bersarang

  • Persiapan: 15 Menit
  • Waktu Memasak: 45 Menit

Suka makan ayam kremes tapi suka gemes kalo beli di luaran, peliit bener ya kasihnya. Mulai sekarang bikin sendiri Kremesan Tapioka yang endeus yuk Bun, sini-sini.. cek resepnya dulu!

Bahan-Bahan :

  • 250 gr tepung tapioka rosebrand
  • 2 sdt baking powder
  • 4 sdm munjung tepung beras rosebrand
  • 2 kuning telur (40 gr)
  • 400 air matang
  • 50 gr Santan instant
  • 2 sdt kaldu ayam
  • 2 sdt bawang putih bubuk/ 1 sdt bawang putih parut
  • 2 sdt gula

Cara Membuat :

  • Campur semua bahan jadi satu, aduk rata pakai whisk, saring.

  • Panaskan minyak dalam wajan, sambil menunggu minyak panas masukkan baking powder ke dalam adonan, aduk rata.

  • Pastikan minyak sudah benar-benar panas, aduk-aduk adonan menggunakan telapak tangan, ambil adonan dengan tangan, kucurkan adonan dengan bantuan jari tangan dengan gerakan berputar.

  • Angkat tangan kurleb 20 – 25 cm di atas wajan waktu ngucurin (tuang adonan paling sedikit 3 – 4 genggam setiap menggoreng). Atau lebih bagus lagi pakai Botol air kemasan yang tutupnya dilubang-lubang ya jadi bisa merata turunnya.

  • Setelah adonan masuk, bakal menyebar. Setelah mulai kokoh, angkat ujungnya lalu lipat, goreng sampai kecokelatan.

  • Alasi dasar toples dengan kertas roti untuk nyerep minyak berlebih.

  • Susun kremes yang sudah ditiriskan ke dalam toples, tutup rapat. Kremesan siap disajikan

Tips :

Sebelum menuang kembali adonan berikutnya, bersihkan dulu minyak dari sisa-sisa kremes sebelumnya (diserok) agar tidak menempel di adonan selanjutnya.

Referensi: https://www.instagram.com/p/CC3E_cLD6Xv/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe