Mini Craqueline Choux – Kue Sus Versi Renyah, Bikin Ngemil Lupa Diri

March 4, 2021Arini
mini-craqueline-choux

Prep time: 30 Menit

Cook time: 90 Menit

Serves:

Buat masyarakat kita, siapa sih yang ngga kenal sama penganan bernama Kue Soes. Makin lama, makin banyak pula varian isian dan bentuknya. Kue Soes sendiri aslinya dari Perancis ya, disana namanya Choux. Kalo Bunda suka kue soes yang diisi apa nih? 😊

Nah, kali ini cobain deh kue sus a la Perancis, Mini Craqueline Choux a la @ tintinrayner. Sebetulnya untuk base adonan choux nya sama ya Bun dengan resep umumnya, hanya saja kue sus ini menambahkan lapisan manis renyah di atas kulit sus nya. Tastenya rich bangett yaa Bun.. sekali happ kita udah bisa bayangin bahan-bahan yang premium.. yeesss!! 🤤

Mini Craquelin Choux by @ tintinrayner


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Mini Craqueline Choux

  • Persiapan: 30 Menit
  • Waktu Memasak: 90 Menit

Kue Sus di Indonesia sudah sangat populer. Hadir dengan beragam varian rasa. Kalo yang atas kulit soesnya kres renyah udah coba Bun? Ada resepnya di sini!

Bahan-Bahan

Craquelin :

  • 200 gr butter
  • 145 gr palm / brown sugar
  • 145 gr gula castor
  • 280 gr terigu sedang
  • Pasta Vanila murni

Bahan Soes/ Choux :

  • 100 gr Tepung Segitiga
  • 50 gr Tepung Cakra
  • 150 cc Air Putih
  • 100 cc Susu Cair
  • 100 gr Butter
  • 4 Butir Telur ukuran Sedang
  • Garam

Pastry Cream :

  • 500 cc Susu Cair
  • 125 gr Gula Pasir
  • 4 Kuning Telur
  • 2 sdm Maizena
  • 2 sdm Butter
  • 1 sdt Vanilla Pasta Asli
  • 200 gr Whipcream Cair dingin

Cara Membuat :

Craquelin :

  • Aduk semua bahan pakai garpu jadi 1, gilas tipis, bungkus plastik, masukkan freezer. Lalu kita bikin chouxnya.

    mini-craqueline-choux

Choux / Soes :

  • Panaskan oven 200°C

  • Panaskan air, susu, butter, garam sampai mulai berbuih, angkat

  • Masukkan tepung dan aduk cepat dengan spatula kayu sampai kalis lalu panaskan kembali sambil terus diaduk dengan api kecil sampai benar-benar kalis

  • Tunggu uap hilang, masukkan telor 1 persatu sambil dimixer dengan kecepatan rendah cukup sampai tercampur rata aja yah!

    mini-craqueline-choux

  • Masukkan dalam piping bag, spuit ke loyang yang sudah dioles, timpa atasnya dengan adonan Craquelin yang sudah dicetak bulat-bulat.

    mini-craqueline-choux

  • Panggang di oven dengan suhu 200°C selama 20 menit pertama lalu turunkan 180°C sampai matang dan hilang buih-buihnya

    mini-craqueline-choux

    mini-craqueline-choux

Pastry Cream :

  • Aduk Gula, maizena, telur, vanilla, masukkan susu cair, masak menggunakan api sedang sambil terus diaduk sampai mengental, angkat sisihkan tunggu suhu ruang.

  • Kocok whipcream cair dingin dengan mixer speed tinggi sampai mengembang lalu campurkan ke dalam Vla no. 1. Masukkan ke dalam Piping bag.

  • Tusuk bagian bawah Choux pakai sumpit, semprot Vla

Tips :

Tunggu kue sus hingga dingin saat memasukkan isian pastri ke dalamnya supaya isian tidak rusak.

Referensi 1: https://www.instagram.com/p/CDNfAE8jwrg/

Referensi 2: https://www.instagram.com/p/CDNghUaD4OA/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe