Uniknya Kelezatan Donat Tape, Empuk Menul Wangi!

February 16, 2021Arini
donat-tape

Prep time: 15 Menit

Cook time: 90 Menit

Serves: 30 - 32 buah

Hmmm.. donat, siapa coba yang ngga doyan? Kayaknya banyak yang doyan yah sama makanan yang satu ini. Nyatanya di masyarakat kita banyak beneeeer kan varian rasa donat yang muncul, mulai dari klasik, terus ditambah kentang, tambah madu, tambah pisang, dan ada juga lho Donat Tape.

Naaah.. yang belum pernah coba makan Donat dipakein tape singkong, cobain deh! Nggak bakal nyesel deeh sama rasanya, sama-sama dijamin mantul.. udah wangi, menul-menul lagi! 😍. Nggak usah dipakein topping macem-macem. Tapi biar ngga tampak polosan.. boleh deh taburin pake icing sugar yang dingin-dingin manis semanis yang bikin.. #eeeaaa 💃😂

Donat Tape by @ endahsari_83


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Donat Tape

  • Persiapan: 15 Menit
  • Waktu Memasak: 90 Menit
  • Porsi: 30 - 32 buah

Berapa jenis donat yang pernah Bunda santap? Donat gandum, donat kentang, donat madu, sudah umum ya Bun? Bagaimana kalau Donat Tape? Temukan resep uniknya di sini!

Bahan-Bahan :

  • 500 gram terigu (cakra)
  • 50 gram susu bubuk (*2 sachet susu bubuk)
  • 11 gram fermipan
  • 200 gram tape singkong buang sumbunya, haluskan
  • 100 gram gula
  • 75 gram mentega
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100-120 ml air

Cara Membuat :

  • Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi instan lalu aduk rata.

  • Masukkan tape halus, tuang telur dan air, lalu uleni sampai adonan menjadi rata dan setengah kalis.

  • Selanjutnya beri mentega dan garam, aduk rata dan uleni sampai adonan menjadi kalis elastis.

  • Istirahatkan adonan kurang lebih selama 20-30 menit sampai mengembang.

  • Bentuk adonan sesuai selera, bisa dibulatkan manual atau menggunakan cetakan donat agar lebih praktis.

  • Diamkan kembali adonan selama 20 menit, sampai adonan mengembang.

  • Goreng adonan donat ke dalam minyak dengan menggunakan api kecil – sedang sampai kuning keemasan. Angkat, tiriskan diatas tisu penyerap minyak.

  • Taburi icing sugar atau langsung disajikan juga nikmat.

Tips :

Mau donat tetap lembut meski dimakan keesokan harinya? Simpan donat ke dalam plastik food grade, atau simpan ke dalam wadah kedap udara.

Referensi: https://www.instagram.com/p/CAFOy4qDqsu/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe