Tumis Sotong Pedas, Lezatnya Kebangetan! Lagi Diet Dilarang Ikutan Makan 🤭

February 28, 2021Anisa
tumis-sotong-pedas

Prep time: 45 Menit

Cook time: 90 Menit

Serves: 3 - 4

Mau resep menu penggagal diet nggak mak?whehehe.. 😝. Cobain deh masak nih resep Tumis Sotong Pedas dari laman Instagram @ aras_galeri, dijamin sekali coba bakal habis-habisin jatah nasi 🤭. Benar-benar menu yang sulit tuk ditolak 🤤.

Sotong masih sodaraan sama cumi-cumi, hanya badannya lebih besar dan pipih karena punya cangkang internal yang unik. Cara mengolahnya sama, hanya saja untuk sotong tingkat susut dagingnya hampir 99% ya mak. Jadi kalo warga di rumah banyak, masaklah berkilo-kilo.. wkwkwk 😅.

Tumis Sotong Pedas by @ aras_galeri


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Tumis Sotong Pedas

  • Persiapan: 45 Menit
  • Waktu Memasak: 90 Menit
  • Porsi: 3 - 4

Buat Bunda yang sedang mencari ide sajian seafood nan pedas untuk menu makan malam, yuk buruan merapat! Kita masak Tumis Sotong Pedas untuk nanti malam, yuk!

Bahan-Bahan :

  • 2 kg sotong segar
  • 2 sdm cabe giling (dari cabe merah keriting mix rawit merah)
  • 14 butir bawang merah iris
  • 6 siung bawang putih (kating) cincang
  • 2 jeruk nipis
  • 2 tomat merah potong dadu
  • 1 sereh
  • 2 lbr daun jeruk
  • 1 lbr daun salam
  • Seruas jahe

Cara Membuat :

  • Cuci bersih sotong, buang kotoran, tinta, kulit, tulang keras dan biji di dalam kepala sotong, lalu lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan minimal 30 menit, bilas lalu tiriskan.

  • Didihkah air, masukkan sedikit garam, rebus sotong sebentar saja, lalu buang air rebusan.

  • Tumis bawang putih cincang sampai harum lalu masukkan irisan bawang merah, setelah harum masukkan jahe, sereh, daun salam dan daun jeruk, masukkan sotong, aduk-aduk sebentar lalu tambahkan cabe giling dan potongan tomat, masak dengan api besar sampai mendidih.

  • Setelah mendidih kecilkan api, tutup wajan, masak sekitar 1 jam sampai bumbu kering dan sotong empuk, jangan lupa kasih garam dan kaldu bubuk non msg

Tips :

Jika pada saat memasak airnya sudah susut tapi sotong belum empuk, tambahkan air matang, jangan terlalu banyak yah, kira-kira aja pake perasaan 🤭

Referensi: https://www.instagram.com/p/B_ALgc_j1VQ/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe