Toples Mana Toples.. Yuk Recook Resep Peyek Rebon Renyah Kressss..

June 17, 2021Anisa
peyek-rebon

Prep time: 15 Menit

Cook time: 60 Menit

Serves: 5 – 8 Porsi

Kebanyakan orang Indonesia nih kalo udah ada aneka kerupuk atau keripik.. wiiiss jadi ngga banyak omong deh, soalnya mulutnya sibuk ngunyah sih.. 🤣🤣. Apalagi kalo disuguhin seperti Peyek Rebon ini Bun, dijamin suasana jadi syahdu dan hanya terdengar suara renyahnya rempeyek yang menggoda untuk ikutan ngemil.. 😂😋.

Ada banyak varian Peyek, mulai dari kacang, teri, dan juga rebon. Rebon sendiri dibuat dari udang yang sangat kecil dan dikeringkan sehingga bentuknya mirip udang kecil segar. Ukuran rebon lebih kecil dari ebi, jadi jangan keliru ya Bun.. 😊.

Peyek Rebon by @ linagui.kitchen


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Peyek Rebon Renyah

  • Persiapan: 15 Menit
  • Waktu Memasak: 60 Menit
  • Porsi: 5 – 8 Porsi

Rempeyek enak menjadi pelengkap makan nasi atau jadi camilan.. semuanya oke. Apalagi kalau rasa rempeyeknya renyah dan tidak keras. Mau coba membuatnya sendiri, ada resepnya disini yang bisa Bunda coba.. yuk!

Bahan-Bahan

Bahan Utama :

  • 225 gram Tepung beras
  • 75 gram Tepung kanji
  • 2 sdm Tepung terigu
  • 1 butir Telur ukuran kecil kocok lepas
  • 400 ml air
  • 2 sdm Air endapan kapur sirih (opsional) aku pakai 1 sdm
  • 10 lembar daun jeruk, buang tulangnya, iris tipis
  • 50 gram Udang rebon kering
  • Garam secukupnya sesuai selera
  • Kaldu bubuk secukupnya sesuai selera

Bumbu Halus :

  • 5 butir Kemiri sangrai
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 ruas jari Kencur
  • 2 sdt Ketumbar (aku pakai bubuk 1 sdt)

Cara Membuat :

  • Campur semua tepung dengan garam dan kaldu bubuk. Tuangi air dan bumbu halus, aduk rata dengan whisker. Masukkan telur kocok, aduk rata. Masukan irisan daun jeruk, aduk rata.

  • Panaskan minyak dalam wajan  dengan api sedang. Ambil setengah sendok sayur kecil adonan, taburi dengan rebon, tuang tipis melebar di pinggiran wajan.

  • Siram-siram dengan minyak sampai rempeyek terlepas dari pinggiran wajan.

  • Goreng sambil sesekali dibolak-balik sampai berwarna kemasan. Angkat, tiriskan. Lakukan sampai adonan habis.

    peyek-rebon

Referensi: https://www.instagram.com/p/CPiB2HkMvSu/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe