Tak Hanya Pempek, Otak-Otak Tenggiri Pun Bikin Lidah Bergoyang

March 23, 2021Anisa
otak-otak-tenggiri

Prep time: 30 Menit

Cook time: 60 Menit

Serves: 25 buah

Bikin Otak-Otak Ikan Tengiri aaah.. mumpung di rumah ada sisa filletan ikan Tenggiri seuprit habis bikin pesanan pempek, lumayan buat camilan di rumah.. daripada lumanyun! hehehe 😆.. saya maksudnya yang manyun kalo ngga ada camilan di rumah.. wkwkwk 🤭.

Penganan ini khas Palembang ya Bun, jadi masih sodaraan ya sama Pempek 😁. Rasanya gurih, tambah endul kalo dimakan sambil dicolekin ke kuah cuko (a la Palembang) ato ke saus kacang (a la Jawa). Jadi mo pilih colek yang mana nih, Bun? Pastinya bikin Otak-otak Tenggirinya dulu lah yaaa, baru ntar colek-colek.. hehehe 😆.

Otak-otak Tenggiri by: Fang


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Otak-Otak Tenggiri

  • Persiapan: 30 Menit
  • Waktu Memasak: 60 Menit
  • Porsi: 25 buah

Ikan tenggiri tak cuma sedap untuk disulap jadi Pempek, tapi endeus juga diolah jadi Otak-otak. Yang suka dengan penganan gurih, bisa nih coba bikin sendiri di rumah, contek resep di sini..

Bahan-Bahan

Bahan Utama :

  • 275 gr daging ikan tenggiri
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 125 tepung sagu tani
  • 50 gr putih telur
  • 1 bh santan kara segitiga
  • 60 ml air es
  • 3 bh daun bawang, iris halus, sisihkan
  • Secukupnya garam

Bahan Tambahan:

  • Daun pisang utk membungkus
  • Tusuk gigi/straples

Cara Membuat :

  • Masukkan semua bahan kecuali daun bawang ke dalam food processor. Proses sampe tercampur rata dan halus. Campurkan daun bawang, aduk rata bentar aja. Jangan lama2 aduknya, nanti jadinya bisa keras, terlalu kenyal nggak enak.

    otak-otak-tenggiri

  • Gulung dengan daun pisang, oya daun pisangnya bisa jemur bentar, atau boleh dipanasin bentar di atas kompor api kecillll banget sambil dibolak balik. Tujuannya supaya daun pisang lemas nggak kaku, jadi kalo dipake bungkus nggak gampang sobek.

    otak-otak-tenggiri

  • Adonannya kasih 1 sdm aja ya, trus ditipisin pake sendok, kalo terlalu banyak isiannya nanti nggak bisa matang merata. Trus rapikan ujung2nya dengan gunting dan distraples, boleh pake tusuk gigi.

    otak-otak-tenggiri

  • Boleh dikukus dulu atau langsung dipanggang. Pake api kecil aja ya, sambil dibalik-balik… nanti kalo kegedean apinya bisa-bisa gosong luarnya tapi dalemnya masih mentah.

  • Sajikan

    otak-otak-tenggiri

Tips :

Sajikan bersama saus kacang atau kuah cuko, bisa pakai resep favorit Bunda masing-masing ya.

Referensi: https://cookpad.com/id/resep/3558118-otak-otak-ikan-tenggiri

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe