Resep Tongkol Suwir Sambal Matah Seuhah Nagih! Disclaimer: Bisa Bikin Boros Nasi 😂

October 21, 2021Clarissa
tongkol-suwir-sambal-matah

Prep time: 15 Menit

Cook time: 45 Menit

Serves: 3 - 4 Porsi

Sambal matah khas Bali udah terkenal dengan rasa pedas segar dan wangi, cocok banget kalo dijodohin sama olahan ikan. Seperti sajian enduls surendul yang satu ini, Tongkol Suwir Sambal Matah.

Ngga pake lama.. Cuss langsung simak resepnya dan coba buat di rumah.. Kasian kan kalo cuma ngiler aja liat fotonya.. 😂😂😂.

Tongkol Suwir Sambal Matah by @ xanderskitchen


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Tongkol Suwir Sambal Matah

  • Persiapan: 15 Menit
  • Waktu Memasak: 45 Menit
  • Porsi: 3 - 4 Porsi

Menu olahan ikan plus sambal itu enak kebangetan yang bisa bikin kalap makan. Kalau Bunda dan keluarga pecinta masakan pedas, resep endeus ini musti Bunda hadirkan di rumah. Cek resepnya dulu ya, cuss!

Bahan-Bahan

Bahan Utama :

  • 5 potong ikan tongkol
  • Garam dan air jeruk nipis secukupnya

Sambal Matah :

  • 20 bh cabe rawit, iris
  • 8 butir bawang merah, iris
  • 3 btg sereh ambil bagian putihnya, iris
  • Kemangi, secukupnya
  • Bawang merah goreng, secukupnya
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Garam, gula secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng

Cara Membuat :

  • Ikan tongkol diberi garam dan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Goreng ikan hingga matang. Suwir-suwir. Sisihkan.

  • Di dalam mangkok campur cabe rawit, bawang merah, sereh. Tambahkan garam, gula. Aduk-aduk.

  • Panaskan minyak siramkan ke campuran cabe. Aduk sampai bawang dan cabe layu. Kucuri air jeruk, taburi bawang goreng dan kemangi.

  • Aduk ikan suwir dengan sambal matah. Sajikan.

Tips :

Bisa gunakan ikan jenis lain, misal ikan tenggiri. Jika tidak ingin disuwir, cukup potong-potong dan goreng.

Source: https://www.instagram.com/p/CT6KFg6hhRN/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe