Peyek Teri Basah, Gurih Kriuk Bikin Ngga Bisa Stop Ngemil

July 3, 2021Clarissa
peyek-teri-basah

Prep time: 30 Menit

Cook time: 60 Menit

Serves: -

Kebetulan ada stok teri basah di rumah yang masih tersimpan manis di dalam kulkas. Sore-sore kepikiran mau dimasak apa tuh teri basah.. keburu kering kalo disuruh nunggu kelamaan kan 😅. Akhirnya dibikin jadi Peyek Teri Basah aja deh.

Ngga pake lama.. habisnya.. 😝 sekali coba ngga bisa berhenti cemilin, enak pake bangeeet! Gurih kriuknya itu lhoo.. bikin pengin nangiiis saking enaknya! 😂😂😂. Teri basah bisa diganti udang ya Bun..

Peyek Teri Basah by @ aras_galeri


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Peyek Teri Basah

  • Persiapan: 30 Menit
  • Waktu Memasak: 60 Menit
  • Porsi: -

Yuk Bun ngemil yang gurih kriuk, pasti suka deh. Resep Peyek Teri Basah ini musti dicoba praktekan di rumah! Bikin sendiri di rumah, pasti lebih puasss!!

Bahan-Bahan

Bahan Utama :

  • 500 gr teri basah segar / bisa diganti udang
  • 350 gr tepung beras
  • 2 lbr daun kunyit muda iris / bisa ganti daun jeruk
  • 1 telor ayam

Bumbu Halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdm ketumbar bubuk
  • Seujung sendok kunyit giling
  • 5 buah cabe rawit merah (opsional)
  • Seujung sendok kaldu jamur *boleh di skip atau ganti kaldu bubuk biasa
  • Garam

Cara Membuat :

  • Cuci bersih teri basah, buang kepalanya ya

  • Campurkan tepung beras dan bumbu halus dalam wadah, tambahkan air secukupnya (maaf lupa berapa takaran air nya brp banyak, biasa lsg cemplung) kira-kira aja ya sampe adonan agak encer, tambahkan kocokan telor ayam dan irisan daun kunyit muda, aduk sampai adonan tercampur rata

  • Panaskan minyak goreng, ambil adonan pake sendok sayur lalu tambahkan sekitar 6 ekor teri basah di atasnya, goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan dengan api sedang.

Tips Agar Peyek Renyah Tahan Lama :

  1. Adonan jangan kental. Supaya menghasilkan rempeyek yang tipis renyah, buatlah adonan encer.
  2. Menuang Adonan dengan Benar. Tuang di pinggir wajan dan biarkan larutan mengalir di pinggir wajan supaya benar-benar tipis.
  3. Simpan dalam wadah yang kedap udara. Setelah diangkat dari penggorengan dan ditiriskan, tunggu hingga rempeyek telah betul-betul dingin. Setelah dingin, segera masukkan ke dalam wadah kedap udara, dan tutup rapat. Sehingga kerenyahan rempeyek tetap terjaga.

Source: https://www.instagram.com/p/Bjb5rjhgvcS/?igshid=1obgzzv3fntlb

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe