Oalaahh.. Gini Lho Resep Siomay Kenyal a la Abang Siomay

June 22, 2021Arini
siomay-kenyal

Prep time: 30 Menit

Cook time: 60 Menit

Serves: 15 – 18 Buah (ukuran sedang)

Yang namanya siomay tuh udah bukan lagi makanan baru. Dari jaman saya masih SD (nggak usah bilang tahunnya yak, ntar ketauan tuwirnya.. wkwkwk 🤭), udah sering tuh makan siomay di depan sekolah, ato nungguin si abang tukang siomay lewat depan rumah. Hayooo.. dulu yang pas kecilnya juga begitu, yuk absen dulu!hehehe 😅.

Nah.. ngomongin siomay a la Abang, udah pada tau kan siomay bikinan mereka tuh terasa gurih juga kenyal.. endolita deh pokoknya. Ternyata bikinnya gampang beud lho, Mom! Nih, cobain deh resep dari @ novita._.sari buat bikin Siomay Kenyal a la Abang. Makin gampang lagi karena pake takaran sendok ya, Mom.

Siomay Kenyal a la Abang by @ novita._.sari


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Siomay Kenyal

  • Persiapan: 30 Menit
  • Waktu Memasak: 60 Menit
  • Porsi: 15 – 18 Buah (ukuran sedang)

Suka beli Siomay di abang-abang kaki lima? Kalau bisa bikin sendiri, kenapa musti beli? Lha bikin sendiri malah lebih enak.. lebih murah lagi 😉 lebih puas bos!

Bahan-Bahan :

  • 500 gram dada ayam (beli yang langsung cincang silakan)
  • 19 sendok makan tapioka / sagu (280gr)
  • 1 buah telur
  • 1 sachet santan instan 65 ml
  • 10 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sdm kaldu jamur
  • 1 sdt lada bubuk
  • 4 lembar daun bawang, iris

Cara Membuat :

  • Haluskan dada ayam, bawang merah, dan bawang putih.

  • Dalam wadah campur ayam tadi dengan tapioka, telur, santan, kaldu jamur, lada bubuk dan daun bawang.

  • Aduk rata pake centong atau tangan silakan.

  • Panaskan kukusan, cetak asal adonan siomay lalu kukus 20-25 menit .

    siomay-kenyal

Tips :

Siomay yang kurang kenyal bukan melulu berarti kadar tepung tapiokanya harus ditambah. Kunci agar kekenyalan siomay bisa tahan lama adalah penambahan labu siam (rebus dan haluskan dengan food processor). Tetap empuk meski siomay sudah dingin.

Referensi: https://www.instagram.com/p/CC4us8VD65L/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe