Kue Pisang Banjar, Manis-Gurih dan Lembut Membelai Lidah

February 16, 2021Clarissa
kue-pisang-banjar

Prep time: 15 Menit

Cook time: 90 Menit

Serves: 7 - 9 buah

Buat orang Banjar tentu udah ngga asing lagi sama penganan yang satu ini, Kue Pisang Banjar. Tapi buat orang luar Banjar seperti saya, kue ini bikin kepo gimana sih rasa dan lezatnya 🤔. Mumpung di rumah lagi ada stok pisang ambon, pagi tadi saya recook resep Kue Pisang Banjar milik @ fenita.d2 di laman Instagram nya.

Oalaaahh.. lha wong enaknya kaya giniii.. 🤤 nyesel deh baru cobain sekarang 😅. Pak suami dan anak-anak di rumah aja pada doyan, ngga cukup cuma nyomot satu lhoo 😘👏. Oya, ini saya tuliskan resep aslinya ya..

Kue Pisang Banjar by @ fenita.d2


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Kue Pisang Banjar

  • Persiapan: 15 Menit
  • Waktu Memasak: 90 Menit
  • Porsi: 7 - 9 buah

Hampir mirip dengan kue lumpur pisang, Kue Pisang Banjar ini pun lembut dan gurih khas penganan bersantan. Yang suka pisang dan kreasinya, bisa contek resep di artikel ini..

Bahan-Bahan :

  • 150 gr terigu protein sedang
  • 1 sdm susu bubuk
  • 75 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanilli bubuk
  • 300 ml santan (me: kara + air mineral)
  • 1 butir telur
  • 2 sdm margarin (30 gr) , lelehkan
  • 300 gr pisang potong-potong (boleh pisang raja / uli / ambon dll)
  • 75 gr kelapa parut (boleh skip)

Cara Membuat :

  • Campur terigu, susu bubuk dan vanilla bubuk aduk rata.

  • Tuang 2/3 bagian santan aduk dengan whisker atau sendok kayu sampai menjadi adonan yang kental dan licin. Masukkan gula aduk rata.

  • Masukkan telur dan margarin leleh aduk terus sampai menjadi adonan yang licin. Diamkan adonan minimal 10 menit (me: 30 menit).

  • Panaskan snack maker 7 lubang/ cetakan kue lumpur olesi tipis dengan minyak atau margarin.

  • Masukkan potongan pisang ke dalam adonan.

  • Tuang adonan ke dalam cetakan lalu tutup.

  • Masak menggunakan api kecil jika bagian bawah sudah matang balik kue masak jadi hingga matang.

Tips :

Gunakan pisang yang telah benar-benar matang (misal: warna kulit pisang telah berbintik coklat untuk jenis pisang ambon), untuk menghasilkan rasa manis alami dan aroma wangi pisang yang lebih kuat.

Referensi: https://www.instagram.com/p/B7UdacqjPPt/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe