Ide Cemilan Maknyus, Bikin Baso Goreng Buat Temen Nyantai di Teras

September 13, 2021Nabila
baso-goreng

Prep time: 15 Menit

Cook time: 60 Menit

Serves: +/- 40 - 45 butir

Yang lagi cari ide buat bikin cemilan di sore hari, pilihan resep kali ini bisa Bunda coba nih.. Baso Goreng. Enak banget kan tuh, ngemil yang anget-anget sambil nyantai selonjoran di teras rumah bareng keluarga sambil ber “haha-hihi” 🥰😄.

Dijamin waktu bersama makin berkualitas, Baso Goreng nya pun bakal laris jadi rebutan 😂😂. Yuk ikutan recook resepnya! 🤗.

Baso Goreng by @ koh_aming


View Print Layout
Cetak Resep
Tutup

Resep Baso Goreng

  • Persiapan: 15 Menit
  • Waktu Memasak: 60 Menit
  • Porsi: +/- 40 - 45 butir

Sore hari enaknya kongkow di teras bareng keluarga sambil ngemil yang anget-anget. Ngga usah jajan, bikin aja Baso Goreng sendiri. Ngga susah kok! Yuk bikin surprise buat keluarga di rumah!

Bahan-Bahan :

  • 500 gr fillet paha ayam (plus kulit)
  • 150 gr udang kupas
  • 2 buah telur utuh (kalo kecil boleh 3)
  • 1 sachet bawang putih bubuk
  • 4 sdm minyak goreng
  • 150 ml air es
  • 1 sdm kaldu jamur
  • 1 sdm kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt kecap ikan *bisa skip
  • 1/2 sdt merica

Campur Rata :

  • 500 gr tapioka
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat :

  • Chopper udang, sebentar saja, supaya teksturnya tetap kasar.

  • Potong kecil-kecil paha ayam, masukkan ke dalam chopper daging bersama telur dan bumbu-bumbu lainnya, blender sampe halus.

  • Pindahkan ke baskom, masukkan campuran tapioka + baking powder, masukkan bertahap.

  • Aduk/uleni asal rata, jangan sampe kalis ya buk ibu… Inget ini baso goreng, bukan adonan roti 🤪.

  • Panaskan minyak, goreng sedikit adonan untuk koreksi rasa.

  • Setelah benar-benar panas goreng adonan baso tadi.

  • Sesekali aduk/ dibolak-balik. Goreng kurang lebih 30 menitan dengan api sedang sampe kekuningan, angkat.

    baso-goreng

Tips :

  • Uleni daging dengan tepungnya santuy aja ya buk ibuk, tak perlu tenaga powerfull, asal aja. Karena kalau terlalu rata, atau terlalu lama diubek-ubek malah jelek hasilnya.
  • Bikin bulatan baso/ bakwannya bisa pake 2 sendok.
  • Kenapa pakai daging paha+kulit? Karena berlemak, lemak membuat baso goreng lebih kopong di bagian dalamnya.
  • Pastikan minyak benar-benar panas, setelah baso masuk dan merekah, kecilkan api *api sedang saja.
  • Gorengnya memang lama, supaya dalamnya kopong dan luarnya kokoh, jadi tidak kempis.

Source: https://www.instagram.com/p/CSqBij1lIg9/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Recipe Next Recipe